New Info

Loading...

Kamis, 11 Agustus 2011

RPP Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Kelas / Semester             : XI/II
Mata pelajaran                : Bahasa dan Sastra Indonesia
Pertemuan ke                 : 1 dan 2
Alokasi Waktu               : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi    : Menulis
     Mengungkapkan informasi melalui penulisan resensi  
Kompetensi dasar        : 8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi

Indikator :
Ø  Mampu menjelaskan pengertian resensi dan unsur-unsur resensi
Ø  Mampu membuat resensi dengan memperhatikan unsur-unsur resensi
Ø  Mampu membacakan hasil resensi di depan kelas

  1. Tujuan Pembelajaran :
Ø  Siswa dapat memahami pengertian resensi
Ø  Siswa mampu menyebutkan unsur-unsur resensi
Ø  Siswa mampu membuat resensi dengan memperhatikan unsur-unsur resensi






  1. Materi Pembelajaran :
Ø  Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian resensi, yaitu suatu karangan yang membahas atau mengulas karya orang lain dengan memperhatikan keunggulan dan kelemahannya, lengkap dengan alasan atau argumentasinya.
Ø  Guru menyebutkan apa saja yang menjadi unsur-unsur resensi, yaitu yang secara struktural terdiri dari empat bagian. Antara lain: bagian identitas karya, bagian sinopsis, bagian ulasan, telaah, atau bahasan, dan bagian penutup. Pada bagian identitas,biasanya dicantumkan identitas karya atau karangan yang diresensi. Identitas karya meliputi judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), dan harga buku. Ini bertujuan untuk memperkenalkan kehadiran sebuah karya kepada masyarakat pembaca. Bagian sinopsis mencantumkan ringkasan karangan. Bila karangan yang diresensi berupa kumpulan cerpen berarti bagian ini berisi gambaran umum isi masing-masing cerita pendek yang dimuat dalam antologi tersebut. Bagian ketiga adalh ulasan. Berisi bahasan, ulasan, atau pertimbangan mengenai ’’baik’’ atau ’’buruknya’’ sebuah karya. Sedangkan bagian penutup adalah berisi simpulan.
Ø  Guru memberikan sebuah contoh resensi, misalnya resensi novel maupun cerpen. Kemudian siswa disuruh meneliti dan menyebutkan bagian-bagian yang termasuk dalam unsur resensi.
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat suatu penilaian terhadap karya sastra, misalnya novel maupun kumpulan cerpen dalam bentuk resensi dengan mengaplikasikan unsur-unsur resensi yang telah disampaikan oleh guru.
Ø  Guru menyuruh siswa untuk membacakan hasil resensinya di depan kelas.

C.    Alokasi Waktu           : 2x45 menit (2 JP)

  1. Metode Pengajaran
Ø  Ceramah
Ø  Tanya-Jawab
Ø  Penugasan
Ø  Uji petik kerja
Ø  Tes unjuk kerja

  1. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Bentuk Kegiatan
                Langkah-langkah Kegiatan
         Waktu
Kegiatan Awal








 

Kegiatan Inti
























Penutup
·         Apersepsi  : menjelaskan pengertian resensi beserta unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah resensi.
·         Motivasi    : melatih siswa untuk bisa membuat resensi serta mengungkapkan hasil resensi di depan kelas.


·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian resensi dan unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah resensi
·         Siswa diberikan suatu contoh resensi baik berupa novel maupun kumpulan cerpen
·         Siswa disuruh menyebutkan bagian-bagian mana saja yang termasuk dalam unsur-unsur sebuah resensi
·         Siswa disuruh mencari buku diperpustakaan baik novel maupun kumpulan cerpen
·         Setelah mendapatkan sumber, siswa disuruh membaca dan membuat sinopsis dari hasil bacaannya tersebut



·         Hasil sinopsis siswa dikumpulkan kepada guru
·         Untuk tugas rumah siswa diminta membuat resensi dengan mengaplikasikan semua unsur resensi yang telah dijelaskan oleh guru.


 5 menit







   

 30 menit














    








10 menit

























Pertemuan kedua
Bentuk Kegiatan
                Langkah-langkah Kegiatan
         Waktu
Kegiatan Awal










Kegiatan Inti














Penutup
·         Apersepsi  : menanyakan kepada siswa materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya dan tugas yang diberikan
·         Motivasi    : siswa diarahkan untuk mampu membacakan hasil resensi yang telah menjadi tugas rumah di depan kelas


·         Secara acak guru menyuruh siswa untuk membacakan hasil resensinya di depan kelas
·         Guru menanyai siswa yang maju untuk menyebutkan bagian-bagian yang termasuk dalam unsur-unsur resensi
·         Siswa yang lain diminta memberi penilaian kepada teman yang telah maju di depan


·         Guru memberikan evaluasi terhadap hasil resensi siswa serta memberikan koreksi terhadap kesalahan pekerjaan siswa. Kemudian hasil resensi diminta untuk dikumpulkan.

  5 menit







   

 30 menit














   10 menit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar